11 Kegunaan Sarung

11 Kegunaan Sarung


http://agustus45.blogspot.co.id/2011/10/fungsi-dan-kegunaan-sarung.html

Saat ini kita bahas yang ringan dan yang lucu aja ya. Berhubung setiap sholat taraweh banyak yang pakai sarung, jadi kepikiran untuk menggali masalalu tentang bagaimana saya pernah mempergunakan sarung. 
Sarung merupakan sepotong kain lebar yang dijahit pada kedua ujungnya sehingga berbentuk seperti pipa/tabung. Ini adalah arti dasar dari sarung yang berlaku di Indonesia atau tempat-tempat sekawasan. Dalam pengertian busana internasional, sarung (sarong) berarti sepotong kain lebar yang pemakaiannya dibebatkan pada pinggang untuk menutup bagian bawah tubuh (pinggang ke bawah).
Kain sarung dibuat dari bermacam-macam bahan: katun, poliester, atau sutera. Penggunaan sarung sangat luas, untuk santai di rumah hingga pada penggunaan resmi seperti ibadah atau upacara perkawinan. Pada umumnya penggunaan kain sarung pada acara resmi terkait sebagai pelengkapbaju daerah tertentu.
Motif kain sarung yang umum adalah garis-garis yang saling melintang. Namun, sarung untuk pakaian daerah dapat pula dibuat dari bahan tenun ikatsongket, serta tapis. [Wkipedia]

Pas googling cari gambar, ehhh ternyata udah banyak yang satu ide dengan Kedai Family ..wkwkwkwk

Fungsi#1 Buat Sholat
Ini mah sudah menhadi keniscayaan. Alasan utama sarung dibuat ya buat orang sholat.

Fungsi#2 Buat Selimut
Dulu pas ada acara mabit atau menginap di sekolah buat persiapan PHBI, biasanya kami tidur di Mushola. Dan sarung akan menjadi alat rebutan yang dipakai buat melindungi badan dari serangan nyamuk. Kalau buat menghalau dingin mah sarung nggak bakal banyak guna nya ....wkwkw

Cara pakainya pun harus melibatkan posisi meringkuk karena sarung nggak akan muat buat nutupin seluruh badan.


Fungsi#3 Buat Penutup Saat Ganti Celana
Nah ini kelakuan kami juga ni...dulu...terutama pas jam olahraga saat harus ganti pakaian tapi kamar mandi sudah penuh. Lagi-lagi Mushola jadi tempat tujua dan lagi-lagi sarung yang paling dicari buat sarana penutup saat kita mau ganti celana
http://dzofar.com/2014/07/20/tutorial-salin-celana-pakai-sarung/


Fungsi#4 Buat Nadangin Jatuhan Buah
Hahaha....kalau yang ini super dah. Pembagian tugasnya jelas, satu orang manjat dan satu orang lagi di bawah siap siaga dengan sarung di tangan untuk menangkap buah yang di lempar dari atas.
https://www.brilio.net/news/7-fakta-unik-penggunaan-sarung-di-indonesia-150327r.html


Fungsi#5 Buat Main Ninja-Ninjaan
Yang ini juga fenomenal......jika dilakukan survey waktu kami kecil, pasti 100% anak kecil pernah memakai sarung buat main ninja-ninjaan. Hasi yang sama akan diperoleh jika ditanyakan mengenai "pernahkah kamu menggunakan sarung buat Fungsi#6 Jadi Sayap Superman"
http://sijuki.com/bacotan/5-manfaat-sarung.html



Fungsi#7 Buat di Jadiin Cambuk/Cemeti
Fungsi ini adalah fungsi yang paling ditakutin saat kami beramain dulu. Sarung dipegang di satu ujung, lalu digulung hingga berbentuk seperti cemeti yang lancip disatu ujung. Jika diayunkan seperti orang mengayunkan cemeti, bunyinya "cetaaaar" dan sakitnya tuh di mariiiiih. Jamin merah dan panas kulit yang terkena cambukan,

http://sijuki.com/bacotan/5-manfaat-sarung.html


Fungsi#8 Buat Sarung Tinju
Nah, ini juga seru......tangan dikepal sambil memegang sarung, lalu kepalan tangan dibungkus oleh sarung lalu......Bak Bik Buk pertarungan pun dimulai

Fungsi#9 Buat Perahu-Perahuan
Seingat saya, fungsi ini ditenarkan oleh Alm Ron-Ron dalam satu acara lawakan di TV. Beliau yang orang Minang, memakai sarung, lalu tiba-tiba sarung nya dijadikan model perahu sambil berdendang "Ding ding badinding...kapalo pusiang".....wakakak.
http://sijuki.com/bacotan/5-manfaat-sarung.html


Fungsi#10 Buat Ikat/Penutup Kepala
Banyak varian yang bisa digunakan dalam menutup kepala dengan sarung. Varian Kafiyeh seperti orang arab, varian Kabayan seperti orang Sunda, atau varian pejuang kemerdekaan.

Fungsi#11 Buat Bungkus Sesuatu
Hahahaha......jadi inget pernah kabur dari rumah sambil bungkus baju dan makanan pakai sarung waktu masih anak-anak dulu. Jangan khawatir, kita cuma kabur ke rumah tetangga jauh kok.
https://www.brilio.net/news/7-fakta-unik-penggunaan-sarung-di-indonesia-150327r.html

Sebenarnya masih banyak kegunaan yang lain, tapi cuma 11 ini yang paling nggak sudah Kedai Family lakukan sendiri.

Sahabat punya ide fungsi yang lain??? silahkan share

0 komentar :

 
Copyright © 2015. Kedai Family